RSS

Bab 6.Karangan Ilmiah

1. Timbangan Buku
Timbangan buku ini lebih dikenal dengan sebutan resensi buku. Resensi buku itu sendiri adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau ulasan buku secara tertulis yang mengemukakan pendapat seseorang tentang baik buruknya buku ditinjau dari berbagai sudut. Resensi itu sendiri dapat dilakukan siapa saja.


Berikut yang perlu diperhatikan saat meresensi buku:
A. Identitas buku
· Judul buku
· Tebal buku
· Pengarang atau penulis
· Ukuran buku
· Penerbit
· Jenis kertas buku
· Kota terbit
· Nomor ISSBN
· Tahun terbit.


B. Bagian fisik buku
Bagian fisik buku yang perlu dicantumkan mencakup beberapa hal: judul, penulis atau editor, penerjemah (jika buku terjemahan), penerbit, tebal buku (bagian awal dan bagian inti). Bagian ini dikemukakan pada bagian awal.


C. Bagian isi buku
Tujuan penulisan buku. Tujuan penulisan buku terdapat pada bagian kata pengantar atau bagian pendahuluan buku
- Isi umum. Isi umum buku terdapat pada daftar isi dan pendahuluan
- Penilaian kualitas isi. Dasar penilaian biasanya menggunakan kriteria kekurangan dan kelebihan. Kualitas isi buku juga disampaikan dengan membandingkannya dengan buku yang lain, baik yang ditulis oleh pengarang yang sama maupun oleh pengarang yang lain.


D. Bahasa
Unsur bahasa yang diulas mencakup kelancaran bahasa, kata-kata yang digunakan, kalimat yang digunakan, gaya penyajian, dan keluwesan pemakaiannya.


E. Organisasi

Organisasi buku berkaitan dengan cara-cara pengaturan isi buku. Organisasi dapat diulas dari segi kepaduan, urutan, kerunutan, kelogisan, dan kesistematisan.


2. Ringkasan
Penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif. Ringkasan adalah sari karangan tanpa hiasan. Ringkasan itu dapat merupakan ringkasan sebuah buku, bab, ataupun artikel. Fungsi sebuah ringkasan adalah memahami atau mengetahui sebuah buku atau karangan. Dengan membuat ringkasan, kita mempelajari cara seseorang menyusun pikirannya dalam gagasan-gagasan yang diatur dari gagasan yang besar menuju gagasan penunjang, melalui ringkasan kita dapat menangkap pokok pikiran dan tujuan penulis.



Ciri-ciri ringkasan:
· Inti tidak meninggalkan urutan dasar karangan.
· Kerangka dasr masih tampak jelas
· Memangkas gagasan utama menjadi lebih ringkas
· Tujuannya untuk memangkas gagasan.


3. Timbangan Pustaka
Tulisan yang menyajikan sejumlah informasi tentang sebuah buku yang ditinjau dan dinilai secara isi sebuah buku. Selain itu Pustaka adalah halaman terakhir yang di buat untuk mengetahui data-data yang di ambil dari sumber-sumber yang ada dalam buku,majalah,komik,maupun dari internet.supaya pembaca dapat mengetahui dasar dari pembuatan buku ini supaya tidak di bilang copy paste/menjiplak karya orang lain.karena setiap mengambil data tidak mencantumkan sumber/penerpit/nama orang pengarang akan di kenakan pidana dalam pasal yang ada di indonesia.


Sumber-Sumber:

http://amynaaby.blogspot.com/2013/04/karangan-ilmiah.html

http://haniah1.blogspot.com/2013/09/pengertian-karakteristik-dan-jenis.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment