RSS

TUGAS 5 - PEREKONOMIAN INDONESIA

Revaluasi 
 adalah kebijaksanaan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan nilai mata uang di dalam negeri terhadap mata uang asing. Hal ini bertujuan agar nilai mata uang dalam negeri tetap stabil.
Devaluasi  adalah kebijaksanaan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menurunkan nilai mata uang dalam negeri terhadap mata uang asing. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah ekspor ke luar negeri dan membatasi jumlah impor serta menambah devisa negara.
Embargo
 adalah larangan perniagaan dan perdagangan atau aktivitas ekspor dan impor dengan sebuah negara.
Hedging 
 adalah kegiatan atau strategi yang dilakukan seorang investor untuk mengurangi timbulnya resiko bisnis yang tidak tertuda. Tetapi memungkinkan memperoleh keuntungan dari investasi.
Kuota impor  
adalah salah satu kebijaksanaan non tarif (non tariff barriers), yaitu kebijakan perdagangan selain bea masuk yang dapat menimbulkan distorsi, sehingga mengurangi potensi manfaat perdagangan intyernasional.  Kuota impor itu sendiri diarti-kan sebagai tindakan sepihak yang dilakukan secara sepihak dengan jalan menentukan batas maksimum jumlah barang yang boleh diimpor selama jangka waktu tertentu. Tujuan pokoknya adalah untuk melindungi kepentingan industri dan konsumen dalam negeri

Apa yang dimaksud dengan Laju Pertumbuhan Penduduk > Laju Pertumbuhan Ekonomi?
Laju pertumbuhan penduduk khususnya di negara berkembang lebih cepat ketimbang pertumbuhan ekonomi tersebut dengan waktu yang sama. Tingginya pertumbuhan penduduk menyebabkan pertumbuhan pendapatan nasional menjadi rendah karena banyaknya penduduk usia produktif tetapi lapangan kerja yang tersedia masih kurang sehingga menyebabkan pendapatan perkapita juga rendah dan dampaknya banyak penduduk usia produktif yang menganggur. Efek lain dari pertumbuhan penduduk yang mengalami pertumbuhan cukup tinggi yaitu mengingkatnya polusi dan kemacetan di kota-kota besar contohnya DKI Jakarta sebagai ibukota negara Republik Indonesia mempunyai kepadatan penduduk yang sangat padat dari di provinsi lain di Indonesia.


Kemiskinan Absolut : Kemiskinan yang mengacu pada perhitungan pada satu standar yang konsisten dan standarnya minimum serta tidak dipengaruhi dari tempat maupun negaranya. Contoh:

· Penduduk yang hidup sekitar dibawah USD $1 perhari merupakan masuk dalam kategori kemiskinan absolut.
· Kalori yang dibutuhkan seseorang untuk sehari membutuhkan sekitar 1500-2100 kalori jika kurang dari 1500 itu termasuk kemiskinan absolut. Kemiskinan Relatif : Kemiskinan yang dilihat dari tingkat kemakmuran secara umum dan presentase penduduk dibawah garis kemiskianan dari keseluruhan penduduk.
Contoh:

· Dalam suatu daerah diperkotaan terdapat populasi penduduk termiskin dari yang lain sebesar 6-10%.
· Kesejahteraan ekonomi penduduk Indonesia dengan Timor Leste berkisar 0,5 hingga 0,7 (dalam Koefisien Gini).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment