RSS

Kewiraswastaan dan Perusahaan Kecil

kewiraswastaan,wiraswasta,wiraswastawan 

-Kewiraswastaan adalah kemampuan dan kemauan seseorang

untuk berisiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan

waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan

menjadikannya berhasil

-Kamus Besar Bahasa Indonesi
a (KBBI) mendefinisikan wirausahawan sebagai “orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya. Sedangkan, Louis Jacques Filion menggambarkan wirausahawan sebagai orang yang imajinatif, yang ditandai dengan kemampuannya dalam menetapkan sasaran serta dapat mencapai sasaran-sasaran itu.

-wiraswastawa adalah Di dalam banyak literatur, antara istilah wiraswasta dengan wirausaha sering berganti tempat alias artinya dianggap sama. Memang ada sebagian ahli membedakan pengertian kedua istilah tersebut. Tetapi pembedaan itu, menurut hemat penulis, tidaklah terlalu signifikan. Karena itu, demi memudahkan pembahasan, dalam tulisan ini kedua istilah itu dianggap sama artinya. Kamus Besar Bahasa Indonesia juga tidak membedakan arti kedua istilah tersebut.
Jika dilihat secara etimologis, istilah wiraswasta berasal dari dua kata, yakni ‘wira’ dan ‘swasta’. Wira memiliki arti berani, utama, atau perkasa. Sedangkan swasta ternyata juga berasal dari dua kata, yakni ‘swa’ dan ‘sta’. Swa artinya sendiri, dan sta, berarti berdiri. Jadi, swasta bisa dimaknai berdiri di atas kekuatan sendiri.



2. Perusahaan Kecil dalam Lingkungan

Perusahaan

Yaitu komunitas perusahaan kecil yang

memberikan kontribusi yang perlu

diperhitungkan dibidang produksi, pajak,

penyedia lapangan kerja dlsb.

Cara memasuki perusahaan :

a. Membeli perusahaan yang telah dibangun

b. Memulai perusahaan baru

c. Membeli hak lisensi (Franchising/Waralaba)

3. Perkembangan Franchising di Indonesia

Pengembangan usaha dengan sistem waralaba

dapat mendorong berkembangnya

spesialisasi dan modernisasi usaha tradisional,

menumbuhkan kreatifitas dalam

mengembangkan inovasi dalam berusaha.

A. Jenis usaha yang potensial diwaralabakan :

- Produk dan jasa otomotif

- Bantuan dan jasa bisnis

- Produk dan jasa konstruksi, perawatan dan

perbaikan rumah, dan jasa AC

- Jasa pendidikan

- Rekreasi dan jasa hiburan

B. Kiat-kiat memilih usaha waralaba :

a. Produk yang dijual harus disukai semua orang

b. Merk dagang produk harus sudah dikenal, paling

sedikitnya dilima negara

c Harus standar dalam segala aspek (produk,

manajemen, tata ruang dll)

4. Ciri-ciri Perusahaan Kecil

- Manajemen berdiri sendiri

- Investasi modal terbatas

- Daerah operasinya lokal

- Ukuran secara keseluruhan relatif kecil

1. Kekuatan dan Kelemahan Perusahaan Kecil

2. Keuntungan Perusahaan Kecil

3. Kelemahan Perusahaan Kecil

4. Mengembangkan Perusahaan Kecil

5. Kegagalan Perusahaan Kecil

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment